KPS FH UBB Gelar Kegiatan ‘Perahu’ Tahun 2017

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 28 November 2017 08:15 WIB | Diupdate pada 28 November 2017 08:15 WIB


Pukul Gong Perahu - Dekan FH UBB Syamsul Hadi, SH., MH., didampinggi oleh Wakil Dekan I FH Rio Armanda Agustian, SH., MH., serta Wili Ketua Pelaksana Kegiatan, secara simbolis memukulan gong sebagai tanda acara kegiatan Pekan Raya Hukum (Perahu) secara resmi telah dibuka.

MERAWANG, UBB - Komunitas Peradilan Semu (KPS) Fakultas Hukum (FH) Universitas Bangka Belitung (UBB), menggelar kegiatan Pekan Raya Hukum (Perahu) yang bertemakan “Mewujudkan Generasi Mahasiswa Yang Kritis Akan Permasalahan Bangsa Sebagai Agent Of Change”, bertempat diruang aula Rektorat, Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Senin (27/11/2017) pagi.

KPS merupakan organisasi internal mahasiswa yang bersifat Independen di Fakultas Hukum UBB, yang tujuan utama organsasi ini adalah memberikan pendidikan, pelatihan hukum acara peradilan di Indonesia umunya, dan diharapkan dapat mengikutsertakan anggota KPS yang menjadi delegasi FH UBB untuk mengikuti event-event pada KPS di tingkat Provinsi maupun tingkat Nasional. Kegiatan Perahu 2017 ini, merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh KPS FH UBB, dan diharapkan bisa menjadi agenda tahunan untuk menyelenggarakan kegiatan yang serupa.

Acara yang diselenggarakan diruang aula Rektorat UBB, diawali dengan pentas tari sambut yang dibawakan oleh UKM Seni Tari UBB, pembacaan Kitab Suci Al-qur’an, dan Do’a, dilanjutkan dengan menyayikan lagu Indonesia Raya dan Mars UBB, serta sambutan-sambutan. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini, dihadiri oleh Rektor UBB, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala BPKKU Andy Evans Gunady, SE., MM., Dekan FH UBB Syamsul Hadi, SH., MH., Wakil Dekan FH, Kajur dan Dosen FH, para tamu dan para peserta.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 4 (empat) hari kedepan dari tanggal 27-30 November 2017, di ikuti peserta dari perwakilan mahasiswa UBB, STAIN SAS, STIE dan STIH Pertiba. Beberapa kegiatan Perahu tersebut yakni, seminar yang mengangkat tajuk ‘Sekolah Pancasila dan Litigasi’, Debat Konstitusi Pancasila, dan Orasi Ilmiah Mahasiswa. Acara ini diharapkan akan memberikan manfaat serta mengembangkan penalaran bagi generasi muda untuk lebih kritis terhadap permasalahan Bangsa di kalangan mahasiswa.

Kegiatan Perahu yang diselenggarakan oleh KPS FH UBB resmi dibuka dengan pemukulan gong oleh Dekan FH UBB Syamsul Hadi, SH., MH., yang didampinggi oleh Wakil Dekan I FH Rio Armanda Agustian, SH., MH., serta Ketua Pelaksana Kegiatan.

Gubernur Mahasiswa FH UBB Cindra Pratama mengucapkan terimakasih kepada para panitia, serta perwakilan perguruan tinggi lain yang telah ikut berpartisipasi untuk mengikuti acara ini. Ia juga mengapresiasi kegiatan tersebut, dan berharap ada kritik saran yang membangun dari para peserta, agar penyelenggaraan kegiatan kedepan dapat lebih baik lagi.

“Saya mewakili panitia, apabila dalam penyelenggaraan ini terdapat kekurangan, kami perlu masukan, kami perlu kritik dan saran, untuk perbaikan kegiatan kedepannya, karena kedepannya komunitas ini bukan lagi meyelenggarakan kegiatan seperti ini, tetapi akan ada event-event peradilan semu se-nasional atau sewilayah Sumsel, supaya kegiatan ini bisa membawa perubahan-perubahan dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan selanjutnya”, ungkap Cindra Pratama dalam sambutan terakhirnya dimasa priode menjabat sebagai Gubernur Mahasiswa FH UBB.

Pekan Raya Hukum merupakan salah satu sarana untuk berkompetisi secara sehat dan sportif dalam bidang studi hukum. Tidak hanya menguji kemampuan kognitif namun juga mengasah keterampilan dan kreativitas peserta dalam bidang pengetahuan hukum saja, namun melalui berbagai cabang lomba yang diadakan terkait sosial politik, problem masyarakat dan bangsa, serta kajian-kajian lainnya.

Dikesempatan yang sama Wakil Dekan I FH Rio Armanda Agustian, SH., MH., mengungkapkan kegiatan ini dipersipakan hanya dalam waktu 2 (dua) minggu dan diharapkan bisa berjalan dengan lancar dan baik, tentunya dengan dukungan dari semua pihak. “Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, saya ucapkan terimakasih, serta butuh support dari bapak ibu semua, serta kawan-kawan semua, karna KPS ini adalah komunitas kecil, tapi berfikir untuk menjadi komunitas yang besar”, ucapnya.

“KPS ini merupakan komunitas peradilan semu, dan kegiatan ini harapan saya menjadi kegiatan tahunan, karena tahun 2018 itu, mereka (KPS) akan mengadakan munas se-Indonesia”, tutur Rio.

Hal senada disampaikan Dekan FH UBB Syamsul Hadi, SH., MH., mengungkapkan acara Parahu ini diadakan setelah melewati proses panjang dari rangkaian pengajuan proposal dan persetujuan dari para pihak baik di tingkat Fakultas maupun Rektorat, dan acara ini akhirnya dapat terlaksana. Ia juga berpesan kepada panitia agar dapat menjalankan acara ini dengan serius dan berharap mahasiswa FH UBB selalu mengedepankan kejujuran.

“Laksanakan tugas ini dengan sebaik-baiknya, jangan ada kemunafikan didepan kita, hukum tidak boleh ada yang munafik, saya ingin mahasiswa saya ini jujur”, tegas Syamsul Hadi dalam sambutannya, sekaligus membuka secara resmi acara Perahu Tahun 2017. (Ags/Humas)


Topik

Fakultas_Hukum_UBB Ilmu_Hukum_UBB