‘Tim Sosis UBB Himbau Sekolah Untuk Segera Mengisi PDSS

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 05 Februari 2018 09:00 WIB | Diupdate pada 05 Februari 2018 09:00 WIB


MERAWANG, UBB – Seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia gencar-gencarnya menggelar sosialisasi terkait Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) Tahun 2018 di berbagai daerah. Khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kegiatan sosialisasi ini menjadi tanggung jawab Universitas Bangka Belitung (UBB).

Kali ini ‘tim sosis UBB’ yang merupakan kepanjangan dari ‘tim sosialisasi UBB, sejak tanggal 30 Januari – 2 Februari 2018 roadshow ke sekolah-sekolah yang ada di Belitung, selain mensosialisasikan terkait SN-SBMPTN, tim sosis UBB juga selalu mengingatkan Operator dan Kepala sekolah yang belum mengisi pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS) untuk segera memasukkan data siswanya di PDSS yang akan ditutup pada 10 Februari 2018.

“Kami selalu mengingatkan Operator PDSS dan Kepala Sekolah agar dapat mengisi semua data siswa kelas XII atau Tingkat Akhir di PDSS sesuai ketentuan yang telah ditentukan, apabila bagi pihak sekolah yang sudah selesai dan memastikan data yang dimasukkan sudah benar segera lakukan finalisasi dan jangan menunggu sampai mepet mendekati batas akhir khawatir terjadi gangguan internet karena banyak yang mengakses pada hari-hari terakhir," ungkap Agus Susanto mewakili tim sosis UBB disela-sela kunjungannya di setiap sekolah.

Pasalnya, sejak dibukanya pendaftaran PDSS pada 13 Januari 2018, data yang diterima Humas UBB dari Panitia Pusat SNMPTN (27/1), jumlah sekolah khususnya di Provinsi Bangka Belitung yang masih belum melakukan pengisian PDSS sebanyak 22 sekolah. 

Adapun Sekolah yang belum mengisi PDSS tersebut diantaranya; MAN Model Pkp, MAS AIAI Sungaiselan, MAS Darussalam Pkp, MAS Ikhlas Beramal Kundi, MAS Nurul Ihsan Baturusa, SMAS Bakti Parittiga, SMAS Depati Amir Pkp, SMAS Karya Muntok, SMAS YPDB Belinyu, SMKN 1 Tempilang, SMKNI 1 Sungaiselan, SMKS Bina Karya 1 Muntok, SMKS Eljohn Sungailiat, SMKS Handayani Manggar, SMKS Karya Jebus, SMKS Tunas Karya Pkp, SMKS Yapenkos Belinyu, SM Agama Katolik Seminari Mario John Boen Keuskupan, MAS Daarul Arofah Sijuk, SMKN 1 Badau, SMKS Swakarya Tanjungpandan, serta SMKS Yaperbel 2 Tanjungpandan.

PDSS sangat penting bagi siswa karena menjadi satu-satunya data resmi yang dipakai Panitia Pusat SNMPTN/SBMPTN 2018 dalam menentukan kelulusan calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN, karna dari PDSS tersebut, panitia bisa melihat rapor akademik, capaian prestasi dan minat calon siswa.

Sementara itu, disela-sela tim UBB berkunjung ke sekolah yang ada di Belitung, banyak pertanyaan siswa yang antusias untuk bisa ikut SNMPTN, namun masih ragu apakah nilai rapor akademik yang turun naik bisa memungkinkan untuk lulus SNMPTN, serta penjelasan persyaratan untuk bisa mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

Atas pertanyaan siswa tersebut tim UBB tetap memberikan motivasi kepada semua siswa agar tetap mendaftar dan memanfaatkan peluang SNMPTN ini, namun siswa pun harus pandai-pandai untuk melihat peluang dan peminat di program studi (prodi) setiap PTN yang dianggap masih belum banyak dilirik atau diminati, sehingga ada kemungkinan dan peluang yang besar untuk lolos.

Bagi siswa dan masyarakat Informasi lengkap tentang SNMPTN, SBMPTN dan Beasiswa Bidikmisi bisa disimak di laman http://web.snmptn.ac.id, http://www.sbmptn.ac, http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, serta siswa pun dianjurkan untuk selalu melihat laman web PTN yang mereka minati.

Tidak hanya itu, dibeberapa sekolah di Provinsi Bangka Belitung diantaranya SMKN 1 Badau, SMAN 1 Koba, SMA Muhammadiyah Gantung, serta sekolah yang lain masih menghadapi kendala teknis pengisian PDSS.

Kendala teknis tersebut antara lain tentang nilai siswa tidak bisa dimasukan di PDSS, Operator belum memiliki/lupa password PDSS, hingga akreditasi sekolah yang sudah kadaluwarsa tidak dapat diinput.

Terkait Permasalah teknik yang dihadapi operator, setiap Humas di PTN menganjurkan operator untuk terlebih dahulu membaca pedoman yang ada di materi dan vidio pengisian PDSS. Penjelasan lengkap dapat dilihat di http://pdss.snmptn.ac.id kemudian klik menu Manual PDSS atau langsung ke laman http://snmptn.ac.id/manual.

Pengisian di laman PDSS, jika ada pertanyaan teknis, silakan pihak sekolah menanyakannya di menu bantuan yang tertera di Menu Bantuan PDSS, mohon jawabannya dicek di menu tersebut, dan Jika sekolah menyampaikan permasalahan melalui Halo SNMPTN ke http://halo.snmptn.ac.id dan klik menu Cek Tiket Anda. Apabila belum ada jawaban dalam 24 jam dari Panitia Pusat, mohon menyampaikan masalah tersebut melalui Menu Bantuan PDSS di laman http://pdss.snmptn.ac.id, sehingga tim PDSS Panitia Pusat bisa melihat permasalahan sesungguhnya.

Peran PDSS sangat strategis mengingat nilai hasil ujian nasional (UN) dan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) tidak lagi digunakan untuk seleksi SNMPTN 2018, hal ini sudah disepakati oleh beberapa kementerian terkait.

Sebelumnya, UBB sejak (24/1) telah melakukan sosialisasi SNMPTN dan SBMPTN 2018 ke beberapa sekolah yang ada di Pulau Bangka, yaitu dengan menurunkan 8 (delapan) tim yang bergerak secara terpisah dan meraton ke sejumlah sekolah SMA/SMK/MA yang di mulai dari Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Induk, serta Kabupaten Bangka Selatan.  

Sosialisasi diagendakan akan berakhir di minggu kedua bulan Februari yang difokuskan pada Kotamadya Pangkapinang, dengan sasaran siswa kelas XII atau tingkat akhir serta operator PDSS disetiap sekolah. (Ags/Humas)


Topik

SNMPTN SBMPTN